Cara Membuat Kerajinan Tangan Sederhana | Pot Unik Buatan Sendiri

Cara Membuat Kerajinan Tangan Sederhana - Pot Unik Buatan Sendiri. Berikut ini trik cara membuat sendiri pot semen unik mudah dan cepat.


Cara Membuat Kerajinan Tangan Sederhana


Membuat sebuah kerajinan tangan yang bagus terkadang disa dilakukan dengan peralatan dan bahan yang seadanya, walaupun untuk memperoleh hasil yang memuaskan biasanya tetap dibutuhkan peralatan dan bahan-bahan yang bagus pula.

Pada beberapa artikel yang lain sudah sedikit ditulis tentang cara membuat kerajinan tangan yang mudah dibuat. Dan pada artikel kita sekarang ini, kita akan membuat sebuah kerajinan tangan yang juga tak kalah mudah dibuat. Meskipun begitu kita tetap memakai bahan yang sedikit berat dan agak mahal. Tetapi tidak apa-apa, karena hasilnya nanti akan sangat bagus dan berguna.


Cara Membuat Kerajinan Tangan Sederhana - Pot Semen Unik


Ya, pada kesempatan kali ini kita akan bersama belajar cara membuat kerajinan tangan yang mudah dibuat yaitu aneka pot bunga dari semen dengan berbagai bentuk unik. Selain cara membuat kerajinan tangan sederhana ini tidak sulit, peralatan sekaligus bahan yang akan kita gunakan juga semuanya ada di sekitar kita.

Bahan utamanya adalah semen dan pasir, dan tentunya untuk kedua jenis bahan ini kita bisa membelinya jika tidak mempunyai. Semen dan sedikit pasir pisa kita dapatkan di toko-toko besi terdekat dengan harga yang masih dapat terjangkau. Peralatan dan bahan lainnya yaitu wadah plastik beraneka bentuk sebagai cetakan pot. Kemudian gelas, kuas, air, dan sedikit minyak sayur.

Nantinya jika sudah jadi, aneka pot bunga cantik ini bisa kita pakai sebagai media untuk bercocok tanam baik di luar rumah maupun di dalam rumah. Pot bisa ditanami dengan aneka tanaman kecil untuk menambah kesan asri, dan juga menambah keindahan ruangan. Jenis tanaman yang akan ditanampun bisa beraneka ragam sesuai selera. Silahkan disimak cara membuat kerajinan tangan yang mudah di bawah ini.

Cara Membuat Kerajinan Tangan Sederhana Yang Mudah - Pot Semen Unik


Cara Membuat Kerajinan Tangan Sederhana - Langkah Membuat Pot Unik Buatan Sendiri


Berikut ini langkah-langkah cara membuat kerajinan tangan sederhana berupa pot bunga unik karya sendiri :


Langkah pertama yaitu menyiapkan semua bahan dengan bahan utama semen dan pasir.  Alat bantunya yaitu wadah plastik, kuas, gelas, minyak sayur, dan air.

Setelah semua bahan siap, ambil sebuah wadah dari bahan plastik fleksibel. Usahakan memakai wadah plastik yang bentuknya sedikit unik dan tidak biasa. Untuk ukuran wadahnya terserah selera anda masing-masing.

Selanjutnya oleskan minyak sayur pada bagian dalam wadah plastik dengan menggunakan kuas secara merata. Tujuannya adalah agar campuran adonan semen yang akan dicetak di wadah plastik ini nantinya tidak lengket saat sudah kering.


Setelah seluruh permukaan bagian dalam wadah plastik seluruhnya diolesi dengan minyak sayur secara merata, sekarang siapkan sebuah gelas.

Oleskan juga minyak sayur secukupnya pada bagian luar gelas hingga permukaannya rata terkena minyak sayur. Gelas ini nanti fungsinya sebagai cetakan bagian dalam pot.


Langkah selanjutnya adalah menyiapkan adonan pasir dan semen. Campurlah pasir dan semen secukupnya, jangan lupa menambahkan sedikit air. Untuk takaran semen dan pasir bisa dikira-kira sesuai kebutuhan.

Setelah adonan semen dan pasir siap, tuang sedikit adonan ke dalam wadah plastik. Tuang sedikit saja, kira-kira 1/4 dari tinggi wadah. Kemudian letakkan gelas ke tengah-tengah wadah plastik yang sudah terisi sedikit adonan. agar gelas tidak bergoyang-goyang, bisa ditindih dengan batu kecil.

Setelah itu silahkan isi kembali wadah yang tengahnya diberi gelas, dengan adonan sampai wadah hampir penuh. Ratakan permukaan adonannya hingga rapi, dan biarkan hingga adonan kering. Jika memungkinkan bisa dijemur di bawah sinar matahari supaya cepat kering.


Jika adonan telah benar-benar kering, gelas dan wadah plastik bisa dilepaskan secara perlahan-lahan. Nah pot bunga dari semen buatan sendiri pun sudah jadi dan siap dipakai.


Mudah bukan cara membuat kerajinan tangan sederhana berupa pot unik ini. Setelah ini anda bisa membuat lagi beberapa pot bunga dengan bentuk cetakan dan ukuran yang berbeda-beda, hingga terkumpul beberapa buah pot unik beraneka bentuk.


Dan pot bunga yang sudah jadi bisa dipakai untuk bertanam beberapa tanaman bunga atau bahkan sayuran seperi bawang, seledri, wortel, dan beberapa tanaman kecil lainnya.




VIDEO

Video Cara Membuat Kerajinan Pot Unik Sederhana


Tips cara membuat kerajinan tangan yang mudah sudah selesai dan bisa langsung dipraktekkan di rumah jika anda ingin menghias teras atau bagian rumah anda.


Itulah tips singkat cara membuat kerajinan tangan sederhana yaitu pot bunga unik beraneka bentuk dari semen, semoga bermanfaat.

No comments:

Custom Search