Cara Membuat Kerajinan Tangan Unik | Pigura Kayu 2 Sisi

Cara Membuat Kerajinan Tangan Unik. Berikut ini tutorial mudah cara membuat kerajinan tangan unik yang mudah dari kayu berupa pigura 2 sisi.


Cara Membuat Kerajinan Tangan Unik


Dari sekian banyak kerajinan tangan unik yang mudah yang bisa dibuat, salah satunya adalah kerajinan tangan dari kayu. Seperti yang kita tahu, kayu merupakan salah satu bahan baku untuk membuat kerajinan tangan yang cukup jamak dan banyak digunakan. Selain karena cukup mudah didapat, juga karena dengan kayu kita bisa membuat banyak sekali macam-macam kerajinan tangan yang cukup unik dan menarik.


Cara Membuat Kerajinan Tangan Unik | Pigura Kayu


Salah satu jenis kerajinan tangan yang bisa dibuat dari bahan dasar kayu misalnya adalah pigura. Pigura adalah tempat untuk meletakkan atau memasang foto, lukisan, maupun gambar lainnya. Pigura biasanya diberi tutup dari kaca dan biasanya juga diletakkan dengan cara dipasang atau digantung di dinding. Pigura ini biasanya juga banyak sekali kita lihat di dinding-dinding rumah, perkantoran, dan lain sebagainya.

Ada banyak sekali jenis pigura baik itu pigura untuk meletakkan foto, pigura untuk lukisan, dan lain sebagainya. Dan sebagian besar pigura secara umum dibuat dari bahan dasar kayu. Namun seperti yang sering kita lihat di pasaran atau di toko-toko, kita sangat sering menemukan jenis pigura yang sangat umum bentuknya yaitu kotak dengan lubang di bagian tengah untuk meletakkan foto ataupun lukisan.

Pada artikel kali ini kita akan bersama praktek cara membuat kerajinan tangan unik yang mudah berupa pigura 2 sisi dari kayu. Pada pigura ini bisa dipasang 2 foto sekaligus. Dan jika dilihat dari dua sisi pigura, maka akan terlihat 2 buah foto yang berbeda dalam 1 pigura.

Cara Membuat Kerajinan Tangan Unik Dari Kayu | Pigura 2 Sisi


Cara Membuat Kerajinan Tangan Unik | Pigura Dua Sisi


Berikut ini cara membuat kerajinan tangan unik yang mudah yaitu pigura 2 sisi :


Cara Membuat Kerajinan Tangan Unik Dari Kayu | Pigura 2 Sisi 01
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan semua bahan dan alat-alat yang diperlukan. Alat dan bahan yang perlu disiapkan diantaranya adalah papan kayu, batang kayu panjang berbentuk segitiga, lem kayu, cutter, double tape, dan 2 lembar foto yang berbeda.


Cara Membuat Kerajinan Tangan Unik Dari Kayu | Pigura 2 Sisi 02
Baiklah, pertama-tama ambillah bilah kayu berbentuk segitiga kecil. Kemudian potong-potonglah bilah kayu tersebut sesuai dengan ukuran panjang dari foto yang akan ditempel. Lalu buatlah pola pada kertas sesuai dengan ukuran lebar segitiga kayu.


Cara Membuat Kerajinan Tangan Unik Dari Kayu | Pigura 2 Sisi 03
Langkah selanjutnya ambillah foto yang akan dipasang pada pigura dan gambarlah garis-garis sesuai pola ukuran kayu yang telah dibuat sebelumnya. Setelah kedua lembar foto digaris sesuai ukuran bilah kayu, potong-potonglah lembaran foto tersebut sesuai ukuran. Untuk mempermudah tahap penempelan nantinya, tempelkan sedikit kertas yang telah diberi penomoran pada bagian bawah masing-masing potongan foto.


Cara Membuat Kerajinan Tangan Unik Dari Kayu | Pigura 2 Sisi 04
Berikutnya tempelkanlah potongan-potongan bilah kayu pada lembaran papan kayu. Usahakan untuk menempelkan serapi mungkin.


Cara Membuat Kerajinan Tangan Unik Dari Kayu | Pigura 2 Sisi 05
Setelah semua bilah kayu tertempel, lalu tempelkan satu persatu potongan fotonya. Semua potongan dari foto pertama ditempelkan pada bagian sisi yang kiri dari bilah-bilah kayu. Kemudian potongan-potongan foto kedua ditempelkan semuanya pada bagian bilah-bilah kayu yang menghadap ke kanan.

Untuk lebih mempermudah proses penempelannya, tempelkan potongan-potongan dari satu foto dahulu sampai selesai, kemudian baru foto yang satunya lagi.

Cara Membuat Kerajinan Tangan Unik Dari Kayu | Pigura 2 Sisi 06
Setelah semua potongan foto ditempelkan dengan rapi, silahkan lepaskan kertas nomor yang sebelumnya telah ditempelkan pada bagian bawah masing-masing potongan foto.


Cara Membuat Kerajinan Tangan Unik Dari Kayu | Pigura 2 Sisi 07
Nah, pigura foto sudah jadi dan siap ditempelkan atau dipasang di dingding ruangan anda.


Itulah sedikit info tutorial cara membuat kerajinan tangan unik yang mudah berupa pigura kayu dua sisi, semoga bermanfaat.

**credit: homesthetics(dot)net

No comments:

Custom Search