Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Bahan Bekas | Taplak Kain Goni

Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Bahan Bekas. Berikut ini info menarik cara membuat kerajinan tangan dari barang bekas berupa taplak meja dari kain goni.


Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Bahan Bekas | Taplak Meja Unik


Satu lagi dari macam macam kerajinan tangan yang mudah yang bisa dibuat dari berbagai macam bahan bekas adalah taplak meja. Taplak meja merupakan jenis barang yang banyak kita jumpai hampir di setiap rumah di sekitar kita. Taplak meja kerap kali digunakan sebagai alas meja agar tidak mudah rusak maupun kotor saat ditumpangi dengan aneka barang di atas meja. Namun dewasa ini peranan taplak meja sudah tidak lagi melulu sebagai alas meja belaka, namun sudah lebih bervariasi misalnya berfungsi juga sebagai hiasan meja.


Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Bahan Bekas | Taplak Meja Kain Goni


Selain karena bentuknya yang mulai bervariasi, taplak meja juga sekarang ini bisa kita temui dengan corak atau motif ang beraneka ragam. selain itu bahan ang digunakan untuk membuatnya juga sudah cukup bervariasi. Dan salah satu kerajinan tangan dari bahan bekas yang mudah dibuat dan juga unik berupa taplak meja adalah taplak meja yang dibuat dari barang bekas yaitu kain goni.

Kain goni sendiri merupakan bahan kain yang biasa dipakai untuk membuat karung. Karung goni biasana banyak kita temui dipakai sebagai wadah untuk beras, gula, tepung, dan lain sebagainya. Dan kali ini kita juga akan mencoba belajar cara membuat kerajinan tangan dari bahan bekas berupa taplak meja dari kain goni bekas.

Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Bahan Bekas | Taplak Kain Goni


Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Bahan Bekas Berupa Taplak Meja Kain Goni Bekas


Berikut ini cara membuat kerajinan tangan dari bahan bekas yang berupa taplak meja unik dari bahan kain goni bekas :


Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Bahan Bekas | Taplak Kain Goni 01
Pertama kali kita harus siapkan dahulu semua alat dan bahan yang dibutuhkan, yaitu kain goni bekas, kertas, cat/tinta, busa spons, gunting, dan cutter.

Untuk kain goni bisa kita dapatkan dari karung goni bekas yang sudah tidak terpakai lagi. Sedangkan untuk huruf atau tulisan bisa kita buat sendiri dari kertas karton. Atau jika tidak mau repot, kita bisa pakai potongan huruf kertas yang sudah jadi yang bisa kita dapatkan di beberapa toko perlengkapan alat tulis.

Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Bahan Bekas | Taplak Kain Goni 02
Langkah pertama siapkan selembar kain goni dengan ukuran sesuai dengan kebutuhan. Letakkanlah kain goni tersebut dengan cara dilebarkan. Lalu tatalah cetakan-cetakan huruf yang akan dipakai untuk membuat tulisan. Tatalah sedemikian rupa sehingga penataannya nampak bagus dan rapi.

Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Bahan Bekas | Taplak Kain Goni 03
Langkah berikutnya, ambil busa spons dan celupkan secara perlahan pada tinta atau cat. Penggunaan jenis tinta atau cat misa disesuaikan dengan selera masing-masing sesuai kebutuhan. Kemudian secara perlahan usapkanlah busa ang telah dicelupkan pada tinta tadi pada cetakan huruf yang telah ditata rapi.

Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Bahan Bekas | Taplak Kain Goni 04
Satu persatu usapkanlah spons bertinta tersebut pada semua cetakan huruf secara merata hingga membentuk tulisan yang rapi.

Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Bahan Bekas | Taplak Kain Goni 05
Setelah semua huruf tercetak dengan rapi, biarkanlah sebentar sampai semua tinta mengering dengan sempurna. Setelah kering, untuk sedikit memberi kesan lawas atau klasik ambillah setrika panas lalu setrikalah permukaan kain goni yang telah dicetak tulisan tersebut secara perlahan. Panas dari setrika akan sedikit memudarkan warna tinta, sehingga akan memberi kesan lawas.

Nah taplak meja unik dari kain goni bekas sudah jadi dan siap digunakan.


Itulah sedikit info tutorial singkat cara membuat kerajinan tangan dari bahan bekas, yaitu taplak meja dari kain goni bekas.

**credit: pinterest

No comments:

Custom Search